Rabu, 25 November 2009

Kebebasan


Kebebasan adalah sesuatu yang sangat diharapkan oleh setiap manusia di dunia ini. Dengan kebebasan yang mereka miliki, maka "sesuatu" yang tersembunyidan terdapat di dalam budi, daya, dan karsa dari seseorang akan dengan leluasa dapat tersalurkan.
Mengingat kebebasan  dalam sejarah bangsa manusia mengalami suatu proses yang sangat berat dalam perjuangannya. Kebebasan dalam sejarahnya mengalami "belenggu" yang sangat lama dan panjang. Betapa tidak, kebebasan yang seharusnya menjadi milik manusia sejak terlahir ke dunia ini, seakan-akan diikat oleh rantai besi yang sangat kuat pada jaman itu hingga pada akhirnya sampai terjadinya "kematian"  terhadap budi, daya, dan karsa mereka. Mereka menjadi manusia-manusia terbelakang, bodoh, dan sangat menggantungkan pada mereka yang memiliki kekuatan untuk merampas kebebasannya.
Mengingat sejarah panjang dari arti "kebebasan" tersebut maka bangsa-bangsa di dunia mulai memberikan urutan yang pertama dalam segala "bentuk ikatan" pada sesama bangsa manusia. Agar kebebasan yang telah mereka miliki tidak lagi terampas atau diserahkan pada pihak-pihak yang menginginkan kembalinya belenggu pada kebebasan tersebut.
Akan tetapi, mereka yang menginginkan kembali terbelenggunya kebebasan bangsa manusia mulai mencari cara-cara baru yang tersembunyi agar niat jahatnya tersebut tidak disadari oleh bangsa manusia yang telah bebas dengan dalih mereka juga pejuang kebebasan itu sendiri.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar